13.2 C
London
Saturday, July 27, 2024

Kondisi Kesehatan Polisi-KPPS di Tangerang Dipantau Usai Pencoblosan

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

Kondisi Kesehatan Polisi-KPPS di Tangerang Dipantau Usai Pencoblosan

Dokkes Polres Metro Tangerang Kota memeriksa kesehatan personel polisi pengamanan TPS hingga KPPS usai pemungutan suara. (dok. Istimewa)

Jakarta – Polres Metro Tangerang Kota bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Kota membuka posko layanan kesehatan pascapemungutan suara Pemilu 2024. Layanan kesehatan itu untuk petugas PPS, PPK, KPPS, dan personel pengamanan.
“Hari ini ada 35 orang lebih terdiri dari petugas PPS, PPK, KPPS, Linmas, termasuk anggota Polri dan TNI kita periksa kesehatannya untuk memonitor langsung kondisinya pasca pemungutan suara,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Zain mengimbau para petugas Pemilu 2024 langsung berobat ke posko jika merasakan keluhan sakit. Salah satu posko layanan kesehatan itu berlokasi di halaman kantor Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

“Kita juga terus imbau para petugas pemilu bila masih mengalami sakit dapat langsung berobat ke posko kesehatan di masing-masing Kecamatan maupun fasilitas kesehatan yang telah disiapkan oleh Dinkes Kota Tangerang,” ujarnya.

Dokkes Polres Metro Tangerang Kota memeriksa kesehatan personel polisi pengamanan TPS hingga KPPS usai pemungutan suara. (dok. Istimewa)
Dia mengatakan mayoritas keluhan dari para petugas yang berobat ke posko dari kelelahan, mual, hingga diare. Dia mengatakan pengecekan kesehatan di posko itu meliputi pengukuran tensi, cek gula darah dan kolesterol serta pemberian obat maupun vitamin.

“Rata-rata keluhan yang dirasakan oleh petugas pemilu maupun personel Polri dan TNI, diantaranya adalah kelelahan, hipertensi, mual, flu, diare dan kurang enak badan,” ujarnya.

Dia mengatakan pemeriksaan kesehatan telah dilakukan kepada 268 orang. Dia mengatakan hanya 1 orang yang masih dirawat di rumah sakit hingga saat ini.

“Dari 268 orang itu, 6 orang dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih intensif. Hingga hari ini Jumat (16/2) hanya ada 1 orang yang saat ini masih dirawat. Namun, kondisinya sudah mulai berangsur pulih. Sementara anggota Polri ada 2 personel mengeluh sakit saat pemungutan suara kemarin. Alhamdulillah, setelah dilakukan penanganan medis kini sudah langsung membaik dan bertugas kembali,” tutur Zain.

Dia mengatakan layanan posko kesehatan di setiap kecamatan di wilayah Tangerang Kota itu akan dibuka hingga rapat pleno KPU. Dia menyinggung 1 petugas KPPS yang meninggal dunia dan 21 dirawat karena sakit dan kelelahan pada Pemilu 2019.

Dokkes Polres Metro Tangerang Kota memeriksa kesehatan personel polisi pengamanan TPS hingga KPPS usai pemungutan suara. (dok. Istimewa)
“Pemilu 2024 ini menunjukkan keaktifan dan koordinasi yang lebih baik dari petugas kesehatan dari Dinkes Kota Tangerang maupun Sie Dokkes Polres maupun penyiapan fasilitas kesehatan dan rumah sakit rujukan serta call center pelayanan kesehatan 119 oleh Dinkes,” ujarnya.

Kabid Yankes Dinkes Kota Tangerang dr Wawan mengatakan posko kesehatan itu tak hanya ditujukan untuk petugas KPPS maupun personel keamanan. Dia mengatakan saksi dari partai politik juga dapat berobat ke posko tersebut.

“Bukan hanya petugas penyelenggara Pemilu, personel pengamanan, namun saksi-saksi dari partai termasuk masyarakat dapat berobat ke posko-posko kesehatan yang didirikan di 18 Kecamatan. Pelayanan kesehatan ini diberikan gratis hingga sidang pleno KPU selesai,” kata dr Wawan.

Wawan mengatakan pengecekan kesehatan ke setiap petugas Pemilu 2024 juga telah dilakukan sebelum pencoblosan. Hal itu dilakukan agar data kondisi kesehatan setiap petugas diketahui secara lengkap.

“Pada saat akan dimulainya pelaksanaan Pemilu pun sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan (screening) terhadap petugas PPK, PPS, KPPS, maupun Pengawas Pemilu oleh melalui Dinkes Kota Tangerang, sehingga kita mempunyai data lengkap tentang kondisi masing-masing penyelenggara pemilu yang kita gunakan untuk menyiapkan posko kesehatan di setiap kecamatan, petugas kesehatan mobile bersama dengan Sie Dokkes Polres Metro Tangerang Kota untuk memantau selama kegiatan pemungutan suara di TPS,” ujarnya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img